Pengaruh Model Cooperative Script terhadap Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela (Studi di MTs Al-Ma’arif Rancalutung)
Daftar Isi:
- Nama: Pipit Pitriani. Nim: 152102019, Judul Skripsi: Pengaruh Model Cooperative Script terhadap Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela (Studi di MTs Al-Ma’arif Rancalutung) Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman belajar siswa terhadap materi Akhlak Tercela dengan menggunakan model Cooperative Script. Dan 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Cooperative Script terhadap pemahaman belajar siswa pada materi Akhlak Tercela Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Ma’arif yang berjumlah 159 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 25 orang dan ditetapkan di kelas VIII-A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis Pre-Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design dan hasil pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari data yang diperoleh bahwa Pemahaman belajar siswa terhadap materi Akhlak Tercela dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkat dengan hasil mean 76 setelah diberikan perlakuan yaitu dengan penggunaan model Cooperative Script di kelas VIII-A Eksperimen. Berdasarkan perhitungan di atas α = 0,05 dan n = 25 , uji dua pihak; dk= n-2 =25-2 = 23 sehingga diperoleh ttabel, atau 2,1 > 2,109 maka Ho ditolak, artinya signifikan Model Cooperative Script terhadap Pemahaman Belajar Siswa. Hasil dari uji signifikasi diatas maka dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel, maka Ho ditolak artinya signifikan. Maka dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Cooperative Script terhadap pemahaman belajar siswa pada materi akhlak tercela.