Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat (PTK di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen Banten)
Daftar Isi:
- Nama : Marlina, NIM : 132400614 Judul Skripsi: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat (PTK di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen Banten) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan metode make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen 2) untuk mengetahui hasil belajar IPS pada materi persebaran sumber daya alam dilingkungan setempat melalui metode make a match di kelas IV SDN Pamarican 2 Kec. Kasemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan model Kemmis dan Mc.Teggart yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 69,14 dan siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dengan persentase 67,85%. sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 80,32 dan siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase ketuntasan mencapai 92,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Make a Match.