Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran IPA dengan materi system peredaran darah manusia di SDN Kolelet III Kecamatan Picung Kabupaten Pandeglang. Hal in disebabkan karena pembelajaran masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dan kegiatannya lebih bersifat kepada guru, akibatnya siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan sehingga hasil belajar tidak memuaskan. Dalam hal ini diharapkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui media audio visual. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis merumuskan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagai mana penggunaan media audio vis ual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kolelet III, terhadap materi pembelajaran tentang sistem peredaran darah manusia ? 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas V SDN Kolelet III terhadap pelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah manusia ? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mende skripsikan penggunaan media audio vis ual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kolelet III terhadap pelajaran IPA pada materi system peredaran darah manusia . 2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pelajaran IPA pada materi system pe redaran darah manusia . Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kolelet III Kecamatan Picung Kabupaten Pandeglang . Adapun media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media audio visual , dimana media sebagai alat bantu dalam pembela jaran. Data yang diperoleh berupa hasil kerja siswa , lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami pe ningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, Siklu s I (59,37 ), Siklus II ( 75,93 ). Den gan demikian dapat di simpul k an bahwa dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi sistem pere daran darah manusia.