Daftar Isi:
  • Siti Kori’ah. NIM. 152102012. 2019. Progam Klinik Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pipitan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana program Klinik Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrsah Tsanawiyah Al-khairiyah Pipitan. Mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui program Klinik Qur’an di Madrasah. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum baik dan benar membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Kegiatan Klinik Qur’an di Madrasah Tsanawiyah AlKhairiyah Pipitan? 2). Bagaimana kurikulum kegiatan Klinik Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pipitan? 3). Bagaimana indikator keberhasilan dan evaluasi Klinik Qur’an?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarik kesimpulan (conclution). Kesimpulan dari program Klinik Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah sudah berhasil. Hal ini terlihat ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, bacaan AlQur’annya sudah cukup baik hususnya ketika mata pelajaran Al-qur’an Hadits. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa adalah Program Klinik Qur’an yang dilaksankan dengan benar. Kata kunci : Klinik Qur’an, kemampuan membaca Al-Quran, Al-Qur’an Hadits.