ctrlnum 4385
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/</relation><title>PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang)</title><creator>Nurhasanah, Nurhasanah</creator><subject>371 Sekolah &amp; kegiatan mereka; pendidikan khusus </subject><description>Nama: Nurhasanah, NIM : 122111513, judul skripsi: PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang) &#xD; &#xD; Hasil belajar sebagai cerminan dari hasil proses pembelajaran perlu untuk diperhatikan oleh semua guru karena dengan hasil belajar dari proses pembelajaran yang efektif dapat diketahui serta untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang didapat oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal bahkan maksimal dapat diraih dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat diantaranya yaitu dengan menerapkan metode modeling. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi Kecamatan Walantaka Kota Serang dengan jumlah 36 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini penulis laksanakan sebanyak dua siklus (putaran). Dalam PTK ini, penulis menggunakan model PTK dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Sama seperti umumnya, PTK model Kemmis dan Mc. Taggart memiliki langkah-langkah penelitian dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah metode modeling dapat meningkatkan aktifitas guru serta siswa sehingga mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode modeling. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dari prasiklus hingga siklus II didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan kenaikan tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I hanya 47% dengan nilai rata-rata 74, kemudian pada tes siklus II naik lagi menjadi 86% dengan nilai rata-rata 83. &#xD; Kata Kunci : Hasil Belajar Siwa, Metode Modeling</description><date>2019-09-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/2/ABSTRAK%20dan%20lainnya.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/3/BAB%20I%20Revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/4385/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nurhasanah, Nurhasanah (2019) PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>4385</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurhasanah, Nurhasanah
title PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang)
publishDate 2019
topic 371 Sekolah & kegiatan mereka
pendidikan khusus
url http://repository.uinbanten.ac.id/4385/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/2/ABSTRAK%20dan%20lainnya.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/3/BAB%20I%20Revisi.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/4385/
contents Nama: Nurhasanah, NIM : 122111513, judul skripsi: PENGGUNAAN METODE MODELING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN MACAM-MACAM SUJUD (PTK di Kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi kecamatan Walantaka Kota Serang) Hasil belajar sebagai cerminan dari hasil proses pembelajaran perlu untuk diperhatikan oleh semua guru karena dengan hasil belajar dari proses pembelajaran yang efektif dapat diketahui serta untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang didapat oleh siswa setelah mengikuti pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal bahkan maksimal dapat diraih dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat diantaranya yaitu dengan menerapkan metode modeling. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII MTs. Al-Rahmah Lebakwangi Kecamatan Walantaka Kota Serang dengan jumlah 36 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini penulis laksanakan sebanyak dua siklus (putaran). Dalam PTK ini, penulis menggunakan model PTK dari model Kemmis dan Mc. Taggart. Sama seperti umumnya, PTK model Kemmis dan Mc. Taggart memiliki langkah-langkah penelitian dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah metode modeling dapat meningkatkan aktifitas guru serta siswa sehingga mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode modeling. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dari prasiklus hingga siklus II didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik dengan kenaikan tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I hanya 47% dengan nilai rata-rata 74, kemudian pada tes siklus II naik lagi menjadi 86% dengan nilai rata-rata 83. Kata Kunci : Hasil Belajar Siwa, Metode Modeling
id IOS3645.4385
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2019-10-12T14:21:40Z
last_indexed 2019-10-12T14:21:40Z
recordtype dc
_version_ 1765163633980997632
score 17.538404