MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR AND SHARE(PTK di Kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang)

Main Author: ADDINIYAH, SAFINAH
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/430/1/caver_SAFINAH_ADDINIYAH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/430/2/BAB%20I_SAFINAH_ADDINIYAH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/430/3/BAB%20II_SAFINAH_ADDINIYAH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/430/4/BAB%20III%20barru_SAFINAH_ADDINIYAH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/430/5/BAB%20V_SAFINAH_ADDINIYAH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/430/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran IPA pada materi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan di kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang. Permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas pada umumnya menggunakan metode ceramah akibatnya banyak ditemukannya siswa yang pasif dan rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenag Kab. Serang. Maka penulis ingin melakukan penelitian dengan menggunakan model Think Pair and Share guna meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan Masalahadalah: 1). Bagaimana penerapan model Think Pair and Share pada mata pelajaran IPA tentang penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan di Kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang. 2). Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di Kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang pada mata pelajaran IPA tentang penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan dengan menggunakan model Think Pair and Share. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan model Think Pair And Share pada pembelajaran penyesuaian makluk hidup terhadap lingkungan pada siswa kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Kab. Serang. 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan pada siswa kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang setelah kegiatan pembelajaran IPA menggunakan model Think Pair and Share. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk mengumpulkan data terbagi dari 4 tahap yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada materi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya di Kelas V SDN Pamanuk 1 Kec. Carenang Kab. Serang. Dilihat dari proses pembelajaran pra siklus nilai rerata hasil belajar siswa adalah 2,5 dengan 0 siswa tuntas dan 24 siswa tidak tuntas. Siklus 1 nilai rerata hasil belajar siswa adalah 6,39 dengan 12 siswa atau 50% tuntas dan 50% siswa tidak tuntas. Siklus 2 nilai meningkat menjadi rerata hasil belajar siswa adalah dengan 8,75dengan persentase ketuntasan belajar 87,5% siswa tuntas dan 12,5% siswa tidak tuntas atau ada 3 siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian adalah dengan menggunakan model think pair and share dapat : (1). Dapat membangkitkan semangat belajar siswa dengan menggunakan model think pair and share, (2). Siswa lebih banyak berpartisipasi saat kegiatan belajar berlangsung, (3). Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model think pair and share.