Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus di MGMP PAI SMP Rayon 01 Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Pandeglang)
Daftar Isi:
- AAT JUMIAT, NIM 1640100411, Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus di MGMP PAI SMP Rayon 01 Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Pandeglang). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana. UIN “Sultan Maulana Hasanudin” Banten. 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang kompeten baik kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan MGMP PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang 2) Bagaimana kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang 3) Bagaimana peran MGMP terhadap peningkatan kompetensi Pedagogik dan profesional bagi guru PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan MGMP PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang 2) Mengetahui kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang 3) Mengetahui peran MGMP terhadap peningkatan kompetensi Pedagogik dan profesional bagi guru PAI SMP di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber yakni teknik untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama seperti pengamatan, observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang peran MGMP dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam di rayon 01 kabupaten pandeglang. Aktivitas dalam analisis data dengan mereduksi data, penyajian data secara sistematis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan agama islam di rayon 01 Kabupaten Pandeglang termasuk kategori baik, hal ini dapat dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, aspek pelaksanaan pembelajaran, aspek evaluasi pembelajaran, aspek kualifikasi pendidikan, aspek sertifikasi guru dan aspek kompetensi pedagogik dan profesional guru secara umum. Dari penelitian juga ditemukan bahwa peran MGMP sangat signifikan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan agama islam di rayon 01 Kabupaten Pandeglang Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, MGMP PAI SMP