UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR HIDUP MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI(PTK Pada Kelas IV SDN Pulo Ampel Ds. Pulo Ampel Kec. Pulo Ampel Serang)
Daftar Isi:
- Hasil belajar siswa merupakan komponen penting yang harus diperhatikan oleh para praktisi pendidikan,khususnya ditingkat sekolah dasar. Sampai saat ini di Sekolah Dasar Negeri Pulo Ampel telah banyak dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut dengan cara memberikan pelajaran-pelajaran tambahan kepada siswa pada saat-saat tertentu. Atas dasar hal tersebut penulis melakukan pembelajaran kontekstual sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Masalah yang diteliti adalah: Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur hidup makhluk hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui penerapan-penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan daur hidup makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2015 sampai dengan 11 Maret 2015. Pada studi awal hasil belajar siswa masih sangat rendah hanya sebesar 45%,setelah dilakukan penelitian tindakan kelas,tingkat ketuntasan pada studi IPA siklus I yaitu 70% dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 95%. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar sesuai dengan KKM yaitu 65 telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini yaitu,bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan daur hidup makhluk hidup pada siswa SDN Pulo Ampel.