PengaruhLayananInternet Banking terhadapKepuasanNasabah Bank Muamalat Indonesia Kantor CabangSerang
Daftar Isi:
- Nama :Renita Khotimah, NIM : 151500279, JudulSkripsi : PengaruhLayananInternet Banking terhadapKepuasanNasabah Bank Muamalat Indonesia Kantor CabangSerang. Pelayananmerupakan proses pemenuhan kebutuhan aktivitas secara langsung yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat mendapat kepuasan. Di era informasi, lembaga keuangan memberikan layanannya tidak saja melalui model-model konvensional, tetapi kini sudah mulai beralih pada pemanfaatan teknologi informasi.Dengansemakinmajunyateknologiinformasi, lembagaperbankan yang saratdenganteknologimestimengikutidanmenggunakanteknologisebagaibagiandarisistempelayanannya, yang dikenaldenganInternet banking. Perumusandalampenelitianiniadalah 1) Apasajakeuntungan atau kelebihan dalam menggunakanlayanan Internet Banking? 2) SeberapabesarkepuasannasabahmenggunakanlayananInternet Banking? 3) BagaimanapengaruhlayananInternet Bankingterhadapkepuasannasabah Bank Muamalat Indonesia Kantor CabangSerang? Penelitianinibertujuan: 1) Untukmengetahui keuntungan atau kelebuhan dalam menggunakan layanan Internet Banking. 2) UntukmengetahuikepuasannasabahdalammenggunakanlayananInternet Bankingpada Bank Muamalat Indonesia kantorcabangSerang. 3) UntukmengetahuipengaruhlayananInternet Bankingterhadapkepuasannasabah Bank Muamalat Indonesia Kantor CabangSerang. Penelitianinibersifatkuantitatif.Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner sebanyak 49 responden.Metodeanalisis data yang digunakanmeliputi: UjiValiditas, UjiReabilitas, UjiAsumsiKlasik (NormalitasdanHeteroskedastisitas), AnalisisRegresi Linier Sederhana, UjiKoefisienKorelasi, UjiKoefisienDeterminasidanUjiHipotesis (Uji t). Hasilpengujianmenunjukanterdapatpengaruh yang signifikanantaralayananInternetBankingterhadapkepuasannasabah. Hal inidapatdilihatdariuji t, diperolehnilaittabelsebesar 2.012 dannilaithitungsebesar9.082 (9.082>2.012), menggunakanpengujianduaarah dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0.05). Dengandemikian, semakintinggiataubaiklayananInternetBankingyang diberikanolehperusahaan, makaakansemakintinggikepuasannasabah. Berdasarkanpengujian data secarastatistikdiperolehkoefisienkorelasi (R) sebesar 0.798terletakpada interval koefisien 0,60-0,799 menyatakanbahwaterdapathubungan yang kuatantaralayananInternetBankingterhadapkepuasannasabah. Adapunberdasarkanhasilujikoefisiendeterminasi (R2), diperolehnilai R Square (R2) sebesar 0.637atau 63,7% yang artinyavariabellayananInternet Banking (X) mempengaruhivariabelkepuasannasabah (Y) sebesar63,3% dansisanya 36,3% dipengaruhiolehvariabel lain diluarpenelitianini.