Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) (Studi di SKhN 01 Pembina Pandeglang)
Main Author: | Sanati, Sanati |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/3562/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3562/2/LAMPIRAN%20DEPAN.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3562/3/SKRIPSI%20BAB%20I-V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3562/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3562/ |
Daftar Isi:
- Sanati. 132101611. 2018. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) (Studi di SKhN 01 Pembina Pandeglang) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran, dan untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung dalam penggunaan model pembelajaran di SKhN 01 Pembina Pandeglang. Latar belakang penelitian ini adalah dalam penggunaan model pembelajaran Pendidkan Agama Islam bagi anak tunarungu banyak mengalami kesulitan yang diakibatkan oleh keterbatasannya dan mememerlukan pelayanan pendidikan secara individual, oleh karena itu diperlukan keaktifan guru dalam mendidik dengan menggunakan berbagai metode mengajar yang berbeda, maka diperlukan persyaratan khusus untuk mendidik, seperti kurikulum dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi serta wawancara secara langsung mengenai masalah yang sedang diteliti kepada guru sebagai kunci informasi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data yang bersifat kualitatif yang didapat melaui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SkhN 01 Pembina Pandeglang, maka dapat diketahui bahwa model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan disekolah ini adalah model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis penemuan dengan menggunakan kurikulum 2013 tidak berbeda dengan sekolah biasa pada penerapan kurikulum ini menggunakan pendekatan saintifik. Maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum 2013 yang diterapkan di SKhN 01 Pembina Pandeglang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah melalui proses modifikasi oleh guru pengampu yang telah disesuaikan dengan kemampuan siswa melalui asessmen melaui aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena siswa tunarungu berhak memperoleh dukungan pembelajaran dalam konteks kurikulum yang regular atau seperti anak-anak lainnya. Hanya saja dalam proses pembelajarannya anak tunarungu memerlukan bantuan tambahan melalui metode dan media pembelajaran khusus agar materi pembelajaran dapat diterima dengan baik dan tujuan pembelajaran berhasil dicapai. Kata Kunci : Model pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Khusus.