Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMPN 1 Karang Tanjung, Kec. Karang Tanjung Kab. Pandeglang)

Main Author: Bimantoro, Panji
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/3503/1/COVER.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3503/2/LAMPIRAN.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3503/3/ISI%20%20BAB%20I-V.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3503/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3503/
Daftar Isi:
  • Panji Bimantoro. 132101666. 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMPN 1 Karang Tanjung, Kec. Karang Tanjung Kab. Pandeglang) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagian masih menggunakan metode kovensional dan penggunaan metode belajar belum bervariasi sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan menimbulkan kejenuhan terhadap siswa sehingga hasil belajar pun rendah. Adapun rumusan masalah yang diangkat dari latar belakang adalah 1) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karang Tanjung? 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karang Tanjung? 3) Apakah terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karang Tanjung?Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karang Tanjung. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karang Tanjung. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Karang Tanjung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional atau ceramah, dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Mind Mapping.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11,4 > 1,66462 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu dari hasil perhitungn post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode Mind Mapiing dengan nilai rata-rata sebesar 62,7 menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibaningkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata 55,5.