Hubungan Pelayanan Prima Pustakawan Dengan Kepuasan Pemustaka pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten
Daftar Isi:
- Fatimah Gandasari. 152500059. 2018. Hubungan Pelayanan Prima Pustakawan Dengan Kepuasan Pemustaka pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten. Penelitian ini bertujuan : 1) mendeskripsikan tingkat ketercapaian pelayanan prima pustakawan; 2) mendeskripsikan tingkat ketercapaian kepuasan pemustaka; 3) Menganalisis hubungan pelayanan prima pustakawan dengan kepuasan pemustaka pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten. Penelitian dilakukan pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasi. Sampel berjumlah 28 responden diambil dari populasi dengan teknik Sample Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, Tingkat pelayanan prima pustakawan adalah tinggi mencapai 80,74%; Kedua, Tingkat kepuasan pemustaka adalah tinggi mencapai 86,07%; Ketiga, Terdapat hubungan pelayanan prima pustakawan dengan kepuasan pemustaka pada Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten sebesar 37,33%. Sisanya 62,67% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Semakin tinggi pelayanan prima pustakawan, semakin tinggi kepuasan pemustaka. Peningkatan terhadap pelayanan prima pustakawan akan meningkatkan kepuasan pemustaka. Kata Kunci : Pelayanan prima pustakawan dan kepuasan pemustaka.