Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Pre - Eksperimen di Kelas V MI Annizhomiyah Labuan)
Main Author: | Mutiyah, Mutiyah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/3438/2/skripsi%20to%20pdf%20bag.%20isi.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3438/3/skripsi%20to%20pdf%20bag.%20depan.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3438/ |
Daftar Isi:
- Nama : Mutiyah, NIM: 152400835, Judul Skripsi : Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Pre - Eksperimen di Kelas V MI Annizhomiyah Labuan). Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan kreatif. Dalam keterampilan berbicara siswa di MI Annizhomiyah terdapat beberapa masalah Anak cenderung tidak berani atau malu-malu dan tidak percaya diri dalam mengutarakan pendapat atau pernyataan secara lisan, Siswa mengalami kesukaran pada saat mengutarakan pendapat, Siswa cenderung malas dan takut salah dalam mengutarakan pendapat, sehingga siswa lebih memilih diam dan cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu, guru sebagai tenaga pendidik, fasilitator administrator, dan motivator bagi siswa dalam belajar memerlukan strategi pembelajaran, metode dan media pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan terarah. Salah satu yang dilaksanakan yaitu menggunakan Model pembelajaran Think pair and share terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Rumusan masalah penelitian ini Bagaimana penerapan model think pair and share terhadap keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Think Pair and Share terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 62,68 sedangkan nilai rata-rata posttest 77,27. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes keterampilan berbicara dianalisis menggunakan pengujian statistik berupa uji Spearman Rank dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,86 > 0,05 berdasarkan kriteria nilai tersebut menunjukkan tingkat efektivitas penerapan model pembelajaran think pair and share terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia tentang menanggapi suatu persoalan atau peristiwa diperoleh hasil yang signifikan.