Perspektif al-Qur'an dan Undang-undang tentang Guru Profesional
Main Author: | Wasehudin, |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UPI-Bandung
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/3319/1/Perspektif%20al-Qur%27an%20dan%20Undang-Undang%20Tentang%20Guru%20Profesional.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/3319/ http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/13335/7809 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan yang begitu besar dalam dunia pendid ikan terutama sekali guru profesinal. Kegundahan para peserta didik ketika berada dala m ruang kelas atau kelas dianggap sebagai penjara bagi para siswanya merupakan bukti ada nya kegagalan dalam sebuah pendidikan. Untuk itu gagasan dalam pencarian model pendidik p rofesional perspektif Al-Qur ’ an harus senantiasa dicari; bagaimana pola maupun model guru profesional yang ideal dalam pandangan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif; data yang digunakan adalah data yang bersifat dokumenter baik data yang bersifat sekunder maupun primer yang kemudian dibedah dengan menggunakan pendekatan des kriptif analisis. Perspektif Al-Qur ’ an, khususnya dalam Surat Ali Imran: 159, menyatakan bahwa guru dikatakan profesional apabila ia mampu menguasai materi dan metodolo gi secara bersamaan. Keduanya tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Selain daripada itu guru dikatakan professional manakala ia menjadikan role model (uswah hasanah) yang harus digugu dan ditiru baik ketika ia berada dalam lingkungan institusi pendidikan maupun dalam lingkungan masyarakat dimana ia tinggal dan berinteraksi. Kata Kunci: Al-Qur ’ an, Guru, dan Profesionalita