Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa (Studi di SMP Islam Dewan Da’wah Tambun Selatan Bekasi)
Main Author: | Maulani, Rofida |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/3270/1/COVER.rtf http://repository.uinbanten.ac.id/3270/2/ABSTRAK%20revisi.rtf http://repository.uinbanten.ac.id/3270/4/BAB%201-LAMPIRAN%20REVISI.rtf http://repository.uinbanten.ac.id/3270/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20revisi.rtf http://repository.uinbanten.ac.id/3270/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas IX di SMP Islam Dewan Da’wah Tambun Selatan Bekasi. Untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas IX di SMP Islam Dewan Da’wah Tambun Selatan Bekasi. Untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas IX di SMP Islam Dewan Da’wah Tambun Selatan Bekasi Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Dewan Da’wah, dengan jumlah sampel 50 orang dan di ambil dari dua kelas IX di SMP Islam Dewan Da’wah Tambun Selatan Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data: observasi, kuisioner, dan tes. Kesimpulan yang diperoleh berdasrakan hasil analisis korelasi antara (variabel X) dengan (variabel Y) menunjukan bahwa indeks koefisien (rxy) = 0,50 berada antara (0,40 – 0,60), yang interpretasinya adalah antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMP Islam Dewan Da’wah Tambun Selatan Bekasi terdapat korelasi yang sedang. Adapaun kontribusi kecerdasan emosional (variabel X) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an (variabel Y) diketahui 25%. Sedangkan sisanya (75%) dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.