Pengaruh Metode Bamboo Dancing Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. (Studi di Kelas X SMAN 1 Ciomas Kab. Serang)

Main Author: Nurfadilah, Eva Siti
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/3259/1/COVER%20AWAL.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3259/2/LEMBAR%20AWAL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3259/3/SKRIPSI%20EVA%20SITI%20NURFADILAH%20%28142101824%29.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/3259/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dikarenakan guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif bertanya, menjawab pertanyaan atau memberikan pendapat khususnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Bamboo Dancing pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 1 Ciomas Kab. Serang, mengetahui keaktifan siswa dengan menggunakan Metode Bamboo Dancing pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 1 Ciomas Kab. Serang, dan mengetahui pengaruh penerapan Metode Bamboo Dancing terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 1 Ciomas Kab. Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi experiment dengan desain pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara t_hitung dan t_(tabel ).t_hitung diperoleh 2,60 sedangkan t_(tabel ) pada taraf signifikan 5% adalah 1,76. Berdasarkan t_hitung berada pada penerimaan H_a maka H_a dapat diterima Simpulannya yaitu, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keaktifan belajar siswa eksperimen dan kelas kontrol pada perolehan data posttest angket akhir.