Pengaruh Model Pembelajaran Multisensori Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran FIQH (Studi di MTs Pon-Pes Al-Mizan Kab Lebak)
Main Author: | Putra, Raka Dwi |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/3170/1/CAVER.docx http://repository.uinbanten.ac.id/3170/2/Abstak%20dan%20kawan%20kawan.docx http://repository.uinbanten.ac.id/3170/3/skripsii%20benar.docx http://repository.uinbanten.ac.id/3170/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://repository.uinbanten.ac.id/3170/ |
Daftar Isi:
- Multisensori pada dasar merupakan sebuah model pembelajaran yang melibatkan berbagai stimulasi indra meliputi pendengaran, penglihatan, sentuhan, dan terkadang juga penciuman dan pengecahan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu Motivas belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kurang optimal dikarenakan metode yang disampaikan oleh guru kurang berjalan secara optimal yang menyebabkan motivasi siswa rendah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana model pembelajaran pada pelajaran fiqh di MTs Al-mizan ? 2.Bagaimana Motivasi belajar pada pelajaran fiqh di MTs Al-mizan ? 3. Bagaimana pengaruh model pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar pada pelajaran fiqh di MTs Al-mizan ? tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah :1 Untuk mengetahui model pembelajaran pada pelajaran fiqh di MTs Al-mizan 2. Untuk mengetahui Motivasi belajar pada pelajaran fiqh di MTs Al-mizan 3. Untuk Mengetahui pengaruh model pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar pelajaran fiqh di MTs Al-mizan, manfaat penelitian sebagai menambah wawasan bagi peneliti, bagi guru dan bagi siswa dalam model pembelajaran multisensori untuk meningkatkan motivasi pada pelajaran fiqh Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental nonequivalent control group desain dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menggunakan uji-t maka diperoleh nilai thitung = 24,68 dengan (dk) (n1 = 30 – 1 = 29) (n2 = 30 -1 = 29 ) 29 + 29 = 58 dan α = 0,025 maka diperoleh nilai ttabel = 2,001. Karena 24,68 berada diluar interval -2,001≤ thitung≤ 2,001, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah terdapat berpengaruh model pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar pada pelajaran fiqh