Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cikande Kabupaten Serang)

Main Author: Laraswati, Isni
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/3153/1/cover%20PAI.doc
http://repository.uinbanten.ac.id/3153/2/PENGANTAR%20SKRIPSI%20depan.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3153/3/SKRIPSI.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3153/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3153/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hal ini dikarenakan banyaknya target kurikulum yang harus disampaikan guru kepada peserta didik sehingga guru kurang memperhatikan variasi dalam taktik pembelajaran yang berakibat pada aktivitas anak yang mudah bosan, ngantuk serta tidak antusias dalam melakukan pembelajaran PAI . Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan penggunaan ice breaking . dimana ice breaking mempunyai arti memecahkan es atau dalam dunia pendidikan sebagai pemecah kebekuan yang berarti penggunaan ice breaking merupakan salah satu taktik seorang guru dalam pembelajaran kepada peserta didik agar peserta didik antusias dan bersemangat kembali untuk mendapatkan pembelajaran menyenangkan serta bermakna dalam suatu pembelajaran .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Berapa besar motivasi belajar siswa di kelas VIII eksperimen SMP Negeri 1 cikande? 2) Berapa besar motivasi belajar siswa kelas VIII kontrol SMP Negeri 1 Cikande ? 3) Apakah ada pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa di kelas VIII eksperimen SMP Negeri 1 Cikande?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di kelas VIII eksperimen SMP Negeri 1 Cikande. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di kelas VIII kontrol SMP Negeri 1 Cikande. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII eksperimen SMP Negeri 1 Cikande. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Artinya penelitian yang menggunakan pola pretest dan postest dalam pengambilan langkah. penelitian ini menggunakan populasi keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cikande yang berjumlah 288 orang, dan untuk yang dijadikan sampel terdiri dari kelompok eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelompok kontrol yang berjumlah 36 orang . Instrumen pengambilan data menggunakan observasi, angket , studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui nilai thitung 2,62 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 0,05 adalah 1,68, %. Sebagaimana ketentuan dari rumus uji hipotesis korelasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan ice breaking mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.