KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI MASALAH SISWA PADA KEGIATAN PRAMUKA (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Serang)
Daftar Isi:
- Dalam mengatasi permasalahan yang terdapat pada siswa dibutuhkan wadah untuk membina kaum muda dalam menciptakan perubahan yang diharapkan. Pendidikan Pramuka diharapkan mampu membentuk kepribadian, kecakapan dalam hidup dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Dari latar belakang di atas maka masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana jenis masalah-masalah siswa pada saat kegiatan Pramuka? 2)Bagaimana praktik konseling kelompok dalam mengatasi masalah siswa pada kegiatan Pramuka? 3) Bagaimana efektivitas hasil layanan konseling kelompok dalam mengatasi masalah siswa pada kegiatan Pramuka? Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dan dipaparkan dalam sistematika yang dirancang berdasarkan kerangka teori yang digunakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Pada realitanya permasalahan yang timbul saat kegiatan Pramuka berlangsung antara lain sering datang tidak tepat waktu, meremehkan saat orang berbicara, kurang percaya diri, kurang peduli, kurang disiplin, kurang kompak, masih egois, lambat ketika diperintah, melawan ketika diperintah, masih tergolong manja, dan ketergantungan terhadap orang lain. 2) Pelaksanaan teknik kelompok melalui empat tahap yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. 3) Secara umum hasil layanan konseling kelompok cukup efektif dalam mengatasi masalah siswa.