Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Sukaharja II Kabupaten Tangerang)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar IPS pada materi kegiatan ekonomi dalam memnfaatkan sumber daya alam di SD Negeri Sukaharja II dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dengan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri Sukaharja II dan SD Negeri Wanakerta I. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data instrumen tes. Berdasarkan hasil uji t mengunakan Independent Sample T-test hasil Sig (2-tailed) yang diperoleh yaitu 0,000 < dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV kelompok eksperimen dan kontrol. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar IPS siswa.