Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MAN 1 Kota Serang)

Main Author: Noviyanti, Noviyanti
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/3015/2/CAVER%20PAI.doc
http://repository.uinbanten.ac.id/3015/1/ABSTRAK.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3015/3/Skripsi%20BAB%201-5.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3015/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/3015/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang dengan jumlah 299 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 87,32. motivasi belajar pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 76,97. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata post-tes kedua kelompok diperoleh nilai t hitung sebesar 7,41, sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 66 sebesar 2,00. Maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel yang berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran reciprocal teching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XII IPS 3 MAN 1 Kota Serang. Adapun pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebesar 13,44 %. Sedangkan sisanya 86,56 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut