Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan mengetahui tingkat pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Ishlah Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design, ada dua kelompok subjek, satu sebagai kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan dan satu kelompok sebagai kelompok kontrol. Keduanya memperoleh angket (sebelum dan setelah perlakuan). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis hasil penelitian bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan model pembelajaran artikulasi memperoleh motivasi belajar siswa yang masih rendah dengan rata-rata 78,75. Sedangkan setelah diberikannya model pembelajaran artikulasi motivasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 82,58. Berdasarkan analisis uji hipotesis penelitian pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Ishlah Kota Cilegon menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran artikulasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.