Korelasi Komunikasi Interpersonal Antar Guru Dengan Kompetensi Sosial (Studi di SMA Negeri 5 Kota Serang)
Daftar Isi:
- Komunikasi memiliki peran penting bagi kehidupan organisasi termasuk organisasi sekolah. Proses interaksi komunikasi antara guru dengan guru atau interpersonal communication, jika dilakukan secara baik dan intensif, maka akan mempengaruhi sikap individu guru dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, yang berujung pada peningkatan kinerja di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat ketercapaian komunikasi interpersonal antar guru, (2) Mendeskripsikan tingkat ketercapaian kompetensi sosial, (3) Dan menganalisis apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal antar guru dengan kompetensi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan jumlah populasi 65 orang guru maka sampel yang diambil adalah sampel keseluruhan jumlah populasi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya meliputi: kuisioner, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat ketercapaian komunikasi interpersonal antar guru sebesar 82,84% dan tingkat ketercapaian kompetensi sosial sebesar 79,61%. Hasil uji korelasi didapat nilai rxy sebesar 0,660 dengan interpretasi hubungan komunikasi interpersonal antar guru dengan kompetensi sosial memiliki tingkat korelasi cukup berarti. Serta adanya pengaruh positif dan signifikan dimensi komunikasi interpersonal antar guru secara bersama sama dengan kompetensi sosial sebesar 23, 23 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat di teliti kembali