Pengaruh Kepemimpinan dan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru” (Studi di MAN 2 Tangerang). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Tahun 2018

Main Author: Muntaji,, Muntaji,
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2745/1/Lampiran%20Depan.doc
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/2/BAB%20I.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/3/BAB%20II.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/4/BAB%20III.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/5/BAB%20IV.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/6/BAB%20V.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/7/Sampul.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/2745/
Daftar Isi:
  • Pemimpin pada hakikatnya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam bekerja dengan menggunakan kekuasaan yang dimilikinya. Sedangkan kemampuan manajerial kepala sekolah berarti kemampuan kepala sekolah dalam menggunakan input-input manajemen dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pengawasan dan penilaian untuk mengatur sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lain secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Berdasarkan permasalahan di atas maka penulis akan meneliti tentang : 1). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. 2). Pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. 3). Pengaruh kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru MAN 2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan Korelasi dan Regresi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MAN 2 Tangerang yang berjumlah 57 guru. Karena jumlah populasi kurang dari 100 orang, maka seluruh populasi pada penelitian ini dijadikan sebagai sample (total sampling). Data ketiga variabel diperoleh melalui angket. Uji instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda, model persamaan regresi, uji signifikansi regresi, pengujian korelasi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian signifikansi korelasi. Hasil penelitian menunjukan : 1). Kepemimpinan Kepala Sekolah mampu mempengaruhi 13,5% perubahan pada Motivasi Kerja Guru. 2). Manajemen Kepala Sekolah mampu mempengaruhi 53,2% perubahan pada Motivasi Kerja Guru. 3). Kepemimpinan dan Manajemen Kepala Sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan sebesar 53,7% perubahan pada Motivasi Kerja Guru.