PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi Eksperimen di MTs Raudlatul Ulum Pasirgadung - Mancak)

Main Author: Septiana, Gustiar Aldi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2693/1/Skripsi%20Gustiar%20Aldi%20Septiana%2C%20132101693.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2693/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dan mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII MTs Raudlatul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di MTs Raudlatul Ulum Pasirgadung – Mancak Kab. Serang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan media video dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan media video. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data post-test tersebut maka diperoleh nilai thitung = 17,12 dengan (dk) =n1 + n2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58 dan α=0,025 maka diperoleh nilai ttabel = 2,001.Karena 17,12 berada di luar interval -2,001≤thitung≤ 2,001, maka Hoditolak, dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.