Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan NarasiDengan Menggunakan Media Gambar (PTK di Kelas V MI Miftahul Huda Cipayung Ciputat Tangerang Selatan)
Main Author: | Nadih, Lukri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Archive Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
IAIN SMH Banten
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/26/1/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/26/2/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/26/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan menulis siswa kelas V MI Miftahul Huda Cipayung Ciputat yang masih rendah. Hal itu diketahui dari kegiatan pembelajaran pre test menulis karangan narasi siswa kelas V mencapai nilai rata-rata 57. Nilai rata-rata ini belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa Indonesia kelas V yang ditetapkan sebesar 70. Rumusan masalah dalam PTK ini adalah (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar? (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas V MI Miftahul Huda Cipayung Ciputat dalam menulis karangan narasi ketika menggunakan media gambar? Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar. (2) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V MI Miftahul Huda Cipayung Ciputat dalam menulis karangan narasi ketika menggunakan media gambar. Masalah tersebut dipecahkan melalui Penelitian Tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian menggunakan tes, pedoman observasi, catatan lapangan, dan hasil diskusi dengan teman sejawat. Data diperoleh dari subyek penelitian yaitu 25 siswa, laki-laki 10 orang dan perempuan 15 orang. Proses pembelajaran menulis karangan narasi dilakukan dengan bantuan media gambar. Proses pembelajaran pada siklus I terdiri atas satu pertemuan pembelajaran. Pertemuan pertama siswa berlatih menulis karangan narasi dengan bantuan media gambar dan mebacakannya di muka kelas. Siklus II terdiri atas satu pertemuan. Pertemuan pertama, siswa menulis karangan narasi dengan bantuan media gambar minimal dua paragraf. Dengan pembelajaran seperti itu dapat diketahui keberhasilan PTK ini dari segi aktivitas siswa dan hasil belajar. Aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 81 yang artinya sangat baik. Hasil belajar siswa mencapai keberhasilan 52 % yang tuntas belajar pada siklus I. Siklus II siswa yang tuntas sebesar 76%. Hasil positif ini menunjukkan PTK ini dapat dinyatakan berhasil.