Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan metode Quantum Learning pada mata pelajaran SBK dalam materi mengelompokkan bentuk dan warna benda di kelas I SDN Kalutuk. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Quantum Learning pada materi mengelompokkan bentuk dan warna benda di kelas I SDN Kalutuk Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Model PTK yang digunakan adalah model siklus PTK dua siklus dan seterusnya (modifikasi Depdiknas) dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi, dan 4) evaluasi/refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Kalutuk Kecamatan Cikande Kabupaten Serang yang berjumlah 40 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 1) dengan menerapkan metode quantum learning dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena siswa dapat mengaitkan konsep Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mengemukakan ide dan mengkonstruksi sendiri dalam menjawab soal latihan yang diberikan guru, dan 2) terjadi peningkatan hasil belajar tiap siklus pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) dengan menggunakan metode quantum learning. Hal ini ditunjukkan dengan adanya ketuntasan belajar rata-rata tes hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 63, siklus I adalah 67,5 dan pada siklus II adalah 84,75. Banyaknya siswa yang tuntas belajar pada pra siklus adalah 15 siswa atau 37,5%, siklus I adalah 20 siswa atau 50%, sedangkan pada siklus II adalah 36 siswa atau 90 %.