HUBUNGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SIKAP SOSIAL(Studi Kasus di Kelas VIII MTs Al – HudaKota Serang
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Al – huda Kota Serang, untuk mengetahui sikap sosial siswa di MTs Al – huda Kota Serang, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan sikap sosial siswa di MTs Al-huda Kota Serang. Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan empiris, metode deskriptif korelasional (metode yang mencari hubungan atau korelasi antara variabel-variabel yang dicari). Yang ditunjang oleh data dan fakta melalui kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian hubungan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak (variabel X) dengan sikap sosial siswa (variabel Y) berdasarkan analisis korelasional diperoleh angka “r” (0,77), angka tersebut berada pada interval (0,60 – 0,80). Artinya bahwa hubungan sikap sosial siswa (variabel X) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak (variabel Y) termasuk kategori korelasi yang tinggi atau kuat. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan “r” product moment, diketahui bahwa thitung=18 > ttabel=1,70 Ha diterima. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara sikap sosial dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Berdasarkan hasil uji signifikansi, diketahui thitung > ttabel, interprestasinya ialah terdapat korelasi yang signifikan antara sikap sosial (variabel X) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak (varibel Y). Adapun kontribusi variabel X dengan variabel Y menggunakan koefisien determinasi ialah 59,29%.