Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran student created case studies pada pembelajaran bahasa Indonesia menulis narasi kelas VI SDN Palahlar dengan menggunakan media flip chart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan tekhnik pengumpulan data wawancara dan tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan menggunakan uji-t jenis independendent sampel t-test yang digunakan pada taraf kepercayaan 95% menunjukan hasil analisis akhir diperoleh nilai rata-rata sebelum 28.93 sesudah 62.87. Hal ini menunjukan adanya perbedaan rata-rata hasil keterampilan menulis karangan dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran student created case studies pada pembelajaran bahasa Indonesia menulis narasi dengan menggunakan media flip chart sebelum mendapatkan treatment lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata sesudah mendapatkan treatment terhadap kelas eksperimen kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat. Pengaruh pengunaan model student created case studies pada pembelajaran bahasa indonesia menulis narasi dengan menggunakan media flip chart dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 62.87.