HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi di Madrasah Tsanawiyah Daar El Ma’arif Cadasari Pandeglang)
Main Author: | MAHMUDAH, RIFA RIF’ATUL |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/249/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/2/ABSTRAK.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/6/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/249/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan membaca Al-Qur’an bagi seorang siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Diantaranya oleh factor hasil belajar Al-Qur’an Hadis. Di lokasi penelitian prestasi siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis cukup baik, akan tetapi kemampuan membaca Al-Qur’annya di bawah standar. Itulah sebabnya peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar Al-qur’an Hadis pada siswa, bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa, dan adakah hubungan antara hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Daar El Ma’arif Cadasari Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hasil Belajar AlQur’an Hadis dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Daar El Ma’arif Cadasari Pandeglang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Hasil belajar Al-Qur’an Hadis di pengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an, apabila kemampuan membaca AlQur’an pada siswa baik maka hasil belajarnya pun akan baik pula. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ho : = 0 yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan kemampuan membaca Al-Qur’an dan Ha : > 0 yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan kemampuan membaca AlQur’an. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data, dokumen untuk Variabel X, dan tes untuk variabel Y, observasi serta studi kepustakaan. Sedangkan analisa datanya menggunakan korelasi product moment dan koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa antara hasil belajar Al-Qur’an Hadis (variabel X) dengan kemampuan membaca AlQur’an siswa (variabel Y) terdapat korelasi yang tinggi atau kuat,halini berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan product moment ( diperolehhasil r = 0,67. Adapun kontribusi antara hasil belajar Al-Qur’an Hadis (variabel X) dengan kemampuan membaca Al-Qur’an (variabel Y) diketahui 44,89%. Sedangkan sisanya sebesar 55,11% berhubungan dengan faktor lain yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.