POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Studi Kasus :MI Tazwidul Aulad Merak-Sukamulya – Tangerang)
Daftar Isi:
- K omunikasi sangat e rat kaitannya dengan pendidikan, u ntuk semakin memantapkan peran pendidikan dibutuhkan interaksi antara guru dan siswa. MI Tazwidul Aulad memiliki 132 siswa dari berbagai latar belakang yang berbeda . Hal ini menjadi tantangan guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kemampuan komunikasi interpersonal siswa, 2) Untuk mengetahui pola interaksi guru dan siswa terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa , 3 ) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru terhadap kema mpuan komunikasi interpersonal siswa , 4 ) Untuk mengetahui faktor yang meng - hambat dan mendukung dalam interaksi antara guru dan siswa . Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif k ualitatif , yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada , sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : Kemampu an komunikasi interpersonal siswa yang penulis amati saat melakukan pengamatan seperti: masih cukup banyak siswa yang berbahasa kurang baik, sebagian siswa yang kurang terbuka terhadap permasalahan yang dialaminya, tidak percaya diri, dan memilih - milih dal am berteman. Pola interaksi antara guru dan siswa adalah pola satu arah, dua arah dan banyak arah. Upaya yang dilakukan guru adalah meng guna k an berbagai metode belajar . Faktor penghambat nya adalah kurangnya kemampuan guru dalam membangun pola pembelajaran komunikasi yang baik.