METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK YATIM (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri Kota Serang)

Main Author: FAUZIAH, SYIFA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/241/1/cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/7/print%20all.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/3/BAB%20II%20new.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/4/BAB%20III%20new.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/5/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/241/
Daftar Isi:
  • Tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena setiap orang harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Anak yang memiliki rendahnya sense of responsibility terlihat dalam diri anak-anak yang berada di Sanggar Genius Ceu Wita Yatim Mandiri cabang Kota Serang. Hal ini terlihat karena anak lebih senang bermain dengan temannya dari pada belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter tanggung jawab anak di Sanggar Genius Yatim Mandiri? (2) Bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membimbing anak untuk memiliki karakter tanggung jawab? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui keadaan karakter tanggung jawab anak yang berada di Sanggar Genius Yatim Mandiri. (2) Mengetahui bagaimana metode bimbingan kelompok dalam membimbing karakter agar memiliki rasa tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian tindakan. Adapun data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Anakanak yang berada di Sanggar Genius Ceu Wita awalnya memiliki karakter tanggung jawab rendah seperti, tidak ingin belajar, selalu ingin bermain, iseng dengan temannya. 2) Metode bimbingan kelompok dengan pendekatan pengembangan dan menggunakan terapi behavioral yang dilakukan oleh peneliti dapat memberikan pengaruh pada perkembangan karakter tanggung jawab yang dimiliki oleh anak. hal ini terlihat dari hasil angket bahwa pada siklus I nilai rata-ratanya 78 dan pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 102.