PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH (Kuasi Eksperimen di MAN 1 Kabupaten Serang)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode group investigation terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi eksperimen). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Serang dengan jumlah 216 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara, tes dan dokum entasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik yaitu uji - t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil belajar pada kelas eksperimen dengan rata - rata (M) 69,17 . Hasil belajar pada kelas kontrol dengan rata - rata (M) 51 , 67 . Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji - t jenis independent sampel t - test , data yang diperoleh t hitung ≥ t tabel , menunjukkan t hitung = 6,571 dan t tabel 1,688 . Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation dengan yang tidak menggunaka metode group investigation . Sehingga penggunaan metode group investigation berpengaruh dalam pembe lajaran fiqih kelas X MIA 1 MAN 1 Kabupaten Serang