EFEKTIVITAS HADIAH DAN HUKUMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI(Studi Di Pondok Pesantren Bantargedang Kersanegara Cibeureum Tasikmalaya)

Main Author: FADILAH, RATU
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2396/1/BAGIAN%20AWAL%20b5.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2396/2/TESIS%20BIMBINGAN%202.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2396/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belaka ngi dengan Persoalan - persoalan yang dihadapi oleh pesantren termasuk pada pesantren tradisional dalam evektifitas mengikuti kegiatan belajar nya ketergantungan terhadap kesadaran dan keikhlasan para santri sangat dominan . Perilaku - perilaku peserta didik (santri) sangat bergantung pada kehendak dirinya : mereka memil iki kebebasan untuk memilih dan mengikuti atau tidaknya dalam aktivitas belajar (pengkajian) Tujuan penelitian ini secara khusu s untuk mengetahui hadiah dan hukuman untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dal a m rangka meningkatkan kualitas santri untuk memotivasi belaj ar upaya yang di lakukan adalah 1. untuk mengetahui perencanaan guru dalam menggunakan metode hadiah daan hukuman untuk meningkatkan motivasi belajar santri 2.untuk mengetahui peluang dan hambatan penggunaan metode hadiah dan hukuman untuk meningkatkan motivasi belajar santri 3. Untuk mengetahui efektivitas hasil penggunaan metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar santri P enelitian ini menggunakan pendekatan metode survai dengan jenis penelitian deskri p tif kualitatif Dengan mengg unakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan triangulasi dengan responden peneliti 1.dewan kiayi 2. Santri dan alumni 3. Teman sejawat di pesantren Bantargedang Tasikmalaya pada bulan Maret Tahun 2017 Berdasarkan dari hasil penelitian ini adalah perencanaan guru dalam penggunaan metode hadiah dan hukuman dengan Diberi hadiah dan hukuman sesuai dengan perilaku yang dilakukan santri , untuk Peluang penggunaan metode nya diantaranya m embantu pendidik untuk lebih menguasai kelas adapun hambatannya k urangnya kewibawaan guru ,dan h asil penggunaan metode nya di lihat dari prestasi belajar santri yang meningkat .