PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Kuasi Eksperimen Siswa Di Kelas V SDN Purut Kec Curug Kota Serang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn. Dilihat dari partisipasi siswa yang kurang dalam pembelajaran , siswa belum terlibat aktif dalam proses diskusi kelompok yang diadakan. Terutama ketika diskusi kelompok, siswa belum bisa menyam paikan pendapatnya, dan terkadang siswa masih belum mampu untuk melak s anakan hasil keputusan bersama. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran value clarification technique terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Purut. Tujuan penelitian ini adalah untuk me ngetahui pengaruh penggunaan m ode l pembelajaran value clarification technique terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Purut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi e ksperimen , desain penelitian Nonequivalent Control Group Design . Instrumen yang digunakan adalah skala likert . T erdapat pengaruh yang signifikan terhadap si kap demokratis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran value clarification technique den gan kelas yang menggunakan m etode pembelajaran konvensional.