PENGARUH PENERAPAN METODE ROTE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS TERHADAP KEBERHASILAN MEMBACA AL-QUR’AN(Studi di MTs Negeri 2 Kota Serang
Main Author: | LUTFIYAH, EVA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/2258/1/COVER%20UIN.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/2/ABSTRAK.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2258/ |
Daftar Isi:
- Hafalan atau ingatan merupakan suatu aktivitas kognitif dalam menerima, menyimpan dan mereproduksi kembali suatu pengetahuan yang telah dipelajaridan kesan - kesan masa lalu yang telah diperoleh dari proses belajar yang kemudian pada suatu saat dapat dikelua rkan dan digunakan kembali. Dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits ini metode rote learning sangat berpengaruh khususnya pada Al - Qur’an untuk mencapai keberhasilan membaca Al - Qur’an siswa di MTs Negeri 2 Kota Serang yang baik dan sesuai dengan harapan, karena dengan cara menghafal atau mengingat berbagai macam ilmu tajwid akan memudahkan peserta didik dalam membaca Al - Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode rote lear ning dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits di MTs Negeri 2 Kota Serang?, 2) Bagaimana keberhasilan membaca Al - Qur’an siswa MTs Negeri 2 Kota Serang?, 3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode rote learning dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits terha dap keberhasilan membaca Al - Qur’an MTs Negeri 2 Kota Serang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pen erapan metode rote learning dalam pembelajaran ilmu tajwid, mengetahui keberhasilan siswa dalam membaca Al - Qur’an, dan mengetahui pengaruh penerapan metode rote learning dalam pembelajaran Ilmu tajwid terhadap keberhasilan membaca Al - Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Kota Serang dengan jumlah s ubjek yang dijadikan sampel sebanyak 30 siswa. Metod e yang digunakan dalam penelitian i ni adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observa si, wawancara, tes, dan angket. B erdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment ( r xy ) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,90 , setelah di interpretasikan, skor koefisien korelasi berada pada 0,71 – 0,90, maka interpretasinya adanya pengaruh yang tinggi yaitu sebesar 81 % antara metode rote learning dalam pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits dengan keberhasilan membaca Al - Qur’an , Sedang kan sisanya 19 % dipengaruhi oleh faktor lain.