PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Khairiyah Karanganyar Ciruas)
ctrlnum |
2142 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Khairiyah Karanganyar Ciruas)</title><creator>WIDYANINGRUM, LINDA ISLAMIA</creator><subject>407 Pendidikan, penelitian & topik terkait </subject><description>M
etode 
Gallery Walk 
adalah suatu metode 
yang menerapkan dengan 
pameran/hasil karya. 
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)
Apakah 
ada pengaruh metode 
gallery walk 
terhadap pelajaran IPS materi 
kegiatan 
ekonomi dalam memanfaat
kan sumber daya
alam
kelas IV MI Al
-
Khairiyah 
Karanganyar?” (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar dengan 
menggunakan metode 
G
a
lery W
alk 
terhadap pelajaran IPS materi 
kegiatan 
ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya
alam
kelas IV MI Al
-
Khairiyah 
Karanganyar?”
Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui pengaruh belajar siswa 
dengan melakukan eksperimen pengaruh metode 
Gallery W
alk
terhadap 
materi 
kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam
dalam 
pembelajaran IPS kelas IV MI Al
-
Khairiyah Kar
anganyar
. 
Metode penelitian 
yang digunakan adalah 
kuasi eksperimen
dengan desain 
one group design. 
Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 
I
V MI Al
-
khairiyah 
Karanganyar Ciruas 
berjumlah 
35
siswa.
H
asil akhir penerapan 
metode 
Galery Walk 
pada
materi IPS 
kegiatan 
ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam
pada siswa kelas 
I
V MI 
Al
-
Khairiyah Karanganyar Ciruas sebesa
r 80
% dengan kategori baik
, dengan 
nilai rata
-
rata 
pretest
diperoleh sebesar 
46.76 
sedangkan hasil belajar
post 
test 
yaitu diperol
eh sebesar
77.79
. 
Hasil 
uji statistik dengan menggunakan uji 
t pada 
pre test 
dan 
post test 
diperoleh t 
hitung
sebesar 
-
20.833
dan diketahui 
b
ahwa pengaruh penerapan metode 
Galery Walk 
tersebut adalah signifi
kan 
dengan taraf 5% adalah 2.04
atau t
hitung
>
t
tabel 
(
-
20.833
> 2.04
) yang artinya 
H
o 
ditolak dan H
a
diterima d
engan nilai 
korelasi sebesar 
482
. Oleh karena itu, 
dapat disimpulkan bahwa 
penerapan 
metode 
Galery Walk 
berpengaruh 
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 
I
V materi 
kegiatan ekonomi dalam
memanfaatkan sumber daya alam.</description><date>2018-05-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/1/Cover%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/3/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/4/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/5/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/6/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/7/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/2142/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> WIDYANINGRUM, LINDA ISLAMIA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Khairiyah Karanganyar Ciruas). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. </identifier><recordID>2142</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WIDYANINGRUM, LINDA ISLAMIA |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN METODE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM (Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Khairiyah Karanganyar Ciruas) |
publishDate |
2018 |
topic |
407 Pendidikan penelitian & topik terkait |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/2142/1/Cover%20skripsi.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/2/ABSTRAK.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/3/BAB%201.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/4/BAB%202.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/5/BAB%203.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/6/BAB%204.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/7/BAB%205.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2142/ |
contents |
M
etode
Gallery Walk
adalah suatu metode
yang menerapkan dengan
pameran/hasil karya.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)
Apakah
ada pengaruh metode
gallery walk
terhadap pelajaran IPS materi
kegiatan
ekonomi dalam memanfaat
kan sumber daya
alam
kelas IV MI Al
-
Khairiyah
Karanganyar?” (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar dengan
menggunakan metode
G
a
lery W
alk
terhadap pelajaran IPS materi
kegiatan
ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya
alam
kelas IV MI Al
-
Khairiyah
Karanganyar?”
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh belajar siswa
dengan melakukan eksperimen pengaruh metode
Gallery W
alk
terhadap
materi
kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam
dalam
pembelajaran IPS kelas IV MI Al
-
Khairiyah Kar
anganyar
.
Metode penelitian
yang digunakan adalah
kuasi eksperimen
dengan desain
one group design.
Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas
I
V MI Al
-
khairiyah
Karanganyar Ciruas
berjumlah
35
siswa.
H
asil akhir penerapan
metode
Galery Walk
pada
materi IPS
kegiatan
ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam
pada siswa kelas
I
V MI
Al
-
Khairiyah Karanganyar Ciruas sebesa
r 80
% dengan kategori baik
, dengan
nilai rata
-
rata
pretest
diperoleh sebesar
46.76
sedangkan hasil belajar
post
test
yaitu diperol
eh sebesar
77.79
.
Hasil
uji statistik dengan menggunakan uji
t pada
pre test
dan
post test
diperoleh t
hitung
sebesar
-
20.833
dan diketahui
b
ahwa pengaruh penerapan metode
Galery Walk
tersebut adalah signifi
kan
dengan taraf 5% adalah 2.04
atau t
hitung
>
t
tabel
(
-
20.833
> 2.04
) yang artinya
H
o
ditolak dan H
a
diterima d
engan nilai
korelasi sebesar
482
. Oleh karena itu,
dapat disimpulkan bahwa
penerapan
metode
Galery Walk
berpengaruh
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas
I
V materi
kegiatan ekonomi dalam
memanfaatkan sumber daya alam. |
id |
IOS3645.2142 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2018-11-24T07:15:11Z |
last_indexed |
2018-11-24T07:15:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163621313150976 |
score |
17.538404 |