PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH(PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)(Studi di SMA Negeri 1 Puloampel)

Main Author: HIDAYATI, FITRI ALIYA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2140/1/COPER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2140/2/GABUNGAN%20HAL%20DEPAN.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2140/3/BAB%201-5.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2140/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2140/
Daftar Isi:
  • Tujuan peneliti an ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Puloampel dan 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Metode Pemecahan Masalah ( Problem Solving ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Puloampel dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen jenis one short ca se study , yaitu dengan desain terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan , dan selanjutnya diobservasi hasilnya . Dengan jumlah sampel 40 orang siswa (responden) yang dite ntukan dengan teknik cluster sampling , dan teknik pengumpulan data: Angket dan Dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari k emampuan b erpikir k ritis siswa di SMAN 1 Puloampel (variabel Y), menunjukkan bahwa nilai mean 60,65 termasuk dalam kategori baik. Artinya kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Puloampel sudah menunjukkan b er pikir yang baik dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis bahwa pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Puloampel diperoleh dari koefisien korelasi sebesar 0,68 yang berarti memiliki penga ruh bernilai cukup kuat atau tinggi.