Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Alat Pernapasan Manusia (Kuasi Eksperimen Siswa Kelas V SDN Cimuncang Cilik Kota Serang)
Main Author: | NURMILA, UCU MAULIDA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/2107/1/1.%20cover%20UCU.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2107/2/2.%20lampiran%20awal.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2107/3/1-5%20ok.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2107/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar Ilm u Pengetahuan Alam (IPA) dan u ntuk mengetahui signifikasi hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cimuncang Cilik Kota Seran g . Metode yang digunakan penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design , sampel yang diambil adalah kelas VA berjumlah 22 siswa dan VB berjumlah 24 siswa, dengan pengambilan sampel yaitu tidak secara acak. Instrument yang digunakan adalah tes pilihan ganda dengan satu jawaban yang benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik desktiptif dan statistik inferensial yaitu uji - t. Pengujian hipotesis pada kelas e ksperimen dan kelas kontrol di nyatakan memiliki pengaruh yang signifikan dapat dilihat dari nilai rata - rata 79,77 > 66 ,04. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA si swa kelas V SDN Cimuncang Cilik antara kelas yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.