PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH(Studi Eksperimen di MTs Raudlatul Ulum Pasirgadung-Mancak)
Main Author: | SEPTIANA, GUSTIAR ALDI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/2091/1/Skripsi%20Gustiar%20Aldi%20Septiana%2C%20132101693.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/2091/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dan mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII MTs Raudlatul Ulum . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pre - test dan post - test . Penelitian ini dilakuka n di MTs Raudlatul Ulum Pa sirgadung – Mancak Kab. Serang . Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Pada penelitian ini kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diajar me nggunakan media video dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diajar tidak me nggunakan media video . Tek nik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analis is data menggunakan uji - t . H asil penelitian menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji - t pada data post - test tersebut maka diperoleh nilai t hitung = dengan (dk) =n 1 + n 2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58 dan α=0,025 maka diperoleh nilai t tabel = 2,001.Karena 17,12 berada di luar interval - 2,001≤t hitung ≤ 2,001, maka H o ditolak, dan H a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media vid eo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih