MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN (PTK di MTs. Al-Islam Tegal Duren Kota Serang Kelas IX)

Main Author: SUKRONI, MUHAMMAD
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/2078/1/1%20b5%20SAMPUL.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2078/2/2%20B5%20LAMPIRAN%20DEPAN%20SHOHIH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2078/3/3%20B5%20BAB%20I%20-%20II%20-%20III%20-%20IV%20-V%20%20-%20Copy.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/2078/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) m endeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiq ih pada materi perawatan jenazah dengan menggunakan multimedia pembelajaran 2) m endeskripsikan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi perawatan jenazah dengan menggunakan multimedia pembelajaran 3) mendeskripsikan peningkatan keaktifan be lajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi perawatan jenazah dengan menggunakan multimedia pembelajaran 4) m endeskripsikan hasil belajar fiqih siswa pada materi perawatan jenazah dengan meng gunakan multimedia pembelajaran 5) m endeskripsikan peningkatan hasil belajar fiqih siswa pada materi perawatan jenazah dengan menggunakan multimedia pembelajaran pada kelas IX MTs. Al - Islam Tegal Duren Kec. Cipocok Jaya Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas den gan model siklus PTK. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan mengunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi dan melalui tahapan tehnik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, analisis data dan meng interpretasi kan data dan terahir pengambilan kesimpulan . Kesimpulan hasil penelitian ini didapatkan bahwa aktifitas siswa meningkat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II , y aitu aktifitas siswa pada pra siklus dari jumlah 8 indikator pada lembar aktifitas siswa hanya mencapai nilai rata - rata 47.5%, dengan kategori kurang dan hanya ada 2 indikator saja yang telah mencapai 75% dari jumlah siswa, yaitu menulis 75%, dan menden gar 75%, sedangkan pada siklus I aktifitas siswa telah mencapai nilai rata - rata 64,1% dengan indeks “Cukup” dan meningkat pada siklus II menjadi 83,1% dengan indeks kualitatif (A) “Sangat Baik” . Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dar i pra siklus dan siklus I, yaitu dari 20 jumlah siswa kelas IX terdapat 3 siswa (15%) yang telah memenuhi KKM pada pra siklus dan pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi nilai capaian KKM sebanyak 60% (12 siswa ) dengan nilai rata - rata 71,2 dengan indeks kualitatif (B) “Baik”. Sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus II dapat mencapai 85% (17 siswa) dengan nilai rata - rata 87 dengan indeks kualitatif (A) . Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mata pelajaran fiqih materi merawat jenazah dengan meng gunakan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs. Al - Islam Tegal Duren Kota Serang