PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI(Di Smp Negeri 3 Kota Cilegon)
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran p endidikan agama Islam . Latar belakang penelitian ini adalah setiap anak mempunyai tingkat intelligensi anak yang berbeda - beda, seringkali terdapat anak yang malas, tidak semangat belajar dan ribut sehingga masih banyak siswa yang mempunyai hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik dan teknik pengumpulan data mela lui wawancara dan penyebaran angket dengan jumlah sampel 60 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan saintifik sangat baik di SMP Negeri 3 Kota Cilegon diperoleh nilai persentase sebanyak 81, 33 % . Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Cilegon sudah terlihat banyak peningkatan diperoleh nilai persentase sebanyak 70,67 %, dengan demikian termasuk dalam kategori baik. Adapun pengaruh pendekatan saintifik (variabel X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti (variabel Y) adalah 96,04 % sedangkan 3,96 % sisanya di pengaruhi oleh faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.