UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN MATERI SIFAT - SIFAT TERPUJI MELALUI METODE WORD SQUARE (PTK di Kelas VII MTs Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang)
Main Author: | ALLO, OKTA TAMARA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/1989/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1989/2/LAMPIRAN%20DEPAN.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1989/3/okta%20skripsi%20jadi%202017.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1989/ |
Daftar Isi:
- Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran akidah akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji. Dari penelitian di atas maka penulis dapat merumuskan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut : 1) Bagaimana aktivitas siswa pada materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square dikelas VII MTs Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang? 2) Bagaimana hasil belajar siswa materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square dikelas VII MTs Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang? Tujuan peneltian ini adalah : 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square dikelas VII MTs Daar El_Qolam Gintung Jayanti Tangerang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa materi sifat-sifat terpuji melalui metode word square dikelas VII MTS Daar El_Qolam Gintung Jayanti Tangerang. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Daar El_Qolam Gintung Jayanti Tangerang kelas VII yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Adapun instrument yang digunakan adalah tes tulis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu peneliti menggunakan metode word square sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada materi sifatsifat terpuji. Dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dimana ratarata kelas meningkat dari awalnya hanya 57,1 di prasiklus, menjadi 75,77 di siklus I dan meningkat menjadi 83,1 pada sikus II.