Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kreatif. Anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan menarik. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya bukan hanya mengetahuinya. Tanpa adanya pembelajaran yang menarik tidak akan tercapai hasil belajar yang optimal. Dengan demikian, penggunaan media diorama dapat menjadikan pembelajaran lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem pada siswa kels IV SDN Kubang Apu Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen desain Nonequivalent Control Group Design dengan teknik pengumpulan data wawancara dan tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t jenis Independent Sampel t-test yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% menunjukan thitung 3,910 > ttabel 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPA tentang ekosistem pada siswa kelas IV SDN Kubang Apu Kota Serang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 67,86 dan nilai rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 60,47.