PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Kuasi Eksperimen di Kelas V SDN Pagadungan 2)

Main Author: MAHPUDOH, NURUL
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/1902/1/1.%20COVER.rtf
http://repository.uinbanten.ac.id/1902/2/ABSTRAK.docx
http://repository.uinbanten.ac.id/1902/3/SKRIPSI_NURUL%20MAHPUDOH.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1902/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan model group investigation berbasis contextual teaching and learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Pagadungan 2 semester II, kelas yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan sampel teknik acak, data penelitian diperoleh melalui instrumen tes pilihan ganda berupa tes kemampuan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa SDN Pagadungan 2 kelas V yang menggunakan model group investigation berbasis contextual teaching and learning mempunyai pengaruh dan lebih baik dari yang tanpa menggunakan model group investigation berbasis contextual teaching and learning. Dengan hasil rata-rata kelas eksperimen yaitu 74 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 61,36.