Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik seb agai sebuah alternative yang di yakini mampu mengubah model pembelajaran Pendidikan Ag ama Islam yang selama ini dirasak an berjalan secara konvensional , dimana pembelajaran berpusat pada guru . Pendekatan s aintifik akan ma mpu mendorong siswa lebih aktif , kreatif , inovatif dan mandiri , sedangkan guru hanya sebagai fasilitator . Pendekatan saintifik memiliki beberapa langkah yang harus dilaksanakan diantaranya adalah mengamati, menanya, mencar i informasi, mangasosiasi dan men gkomunikasikan , l angkah - langkah tersebut harus ada dalam perencanaan dan pelaksanaannya. P engimplementasian langkah - lang kah, faktor pendukung dan penghambat , serta mencari solusi dari faktor penghambat inilah yang menjadi fokus utama pembahasan penelitian ini. Adapun sekolah yang menjad i objek penelitian, yaitu SMAN 6 Pandeglang dan SMAN 8 Pandeglang dengan lima guru PAI sebagai subjek penelitiannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif denga n metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik menurut pendapat Miles and Hubermen, yaitu reduksi data, display d ata, dan v erifikasi/kesimpulan dan triangulasi data. Menurut hasil penelitian guru yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, tenaga pengajar yang sesuai dengan mata pe lajaran yang diampu, adanya sarana - p rasarana yang mendukung , siswa yang aktiv belajar menjad i faktor pendukung. S edangkan kurangnya ICT, kurangnya kemauan siswa dalam mengeksplorasi secara mandiri dan belum adanya laboratorium PAI adalah faktor penghambat penerapan pendekatan saintifik . Data hasil penelitian juga menunjukan bahwa guru PAI telah m elaksanakan langkah - langkah saintifik dengan baik. Mereka menggunakan media untuk proses mengamati, menggunakan teknik motivasi dan reward untuk menstimulasi siswa agar aktif bertanya dan berkomunikasi, serta guru menggunakan teknik presentasi dan konsep s tudent center saat pembelajaran agar siswa aktif berbi cara dan mengemukakan pendapat. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI, Langkah - Langkah Saintifik