PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK(Studi di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang)
Main Author: | HOLIPAH, POPON |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/1830/1/CAVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1830/2/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1830/3/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1830/4/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1830/5/BAB%20IV%2C%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1830/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/1830/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering ditemukannya pembelajaran yang pasif yang akhirnya menimbulkan kejenuhan terhadap siswa sehingga hasil belajar pun menurun. Maka d ari peranan pendidik sangatlah penting dalam memilih metode pembelajaran yang cocok untuk digunakan. Time T oken merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan kartu untuk mendorong peserta didik aktif dikelas, pemberian kartu akan mendorong peserta didik untuk berani berbicara keberanian berbicara dapat ditunjukan dari keaktifan peserta didik berdiskusi dan mengun g kap kan pendapat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagai mana hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan metode t ime t oken pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang? 2) Bagaimana h asil b elajar peserta didik setelah diterapkan metode t ime t oken pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang ? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkan m etode t ime t oken t erhadap h asil b elajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui b agaimana hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan metode t ime t oken pada mata pelajara n akidah akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang? 2) Untuk mengetahui b agaimana h asil b elajar peserta didik setelah diterapkan metode t ime t oken pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang ? 3) Untuk mengetahui a pakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkan m etode t ime t oken t erhadap h asil b elajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caringin Labuan Pandeglang ? Metode yang digunak an dalam penelitian ini adalah Eksperimen kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi Populasi penelitiannya adalah sebanyak 201 siswa, sementara Sampel nya adalah 60 siswa yakni dari kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII B sebagai Kelas Kontrol. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel ini menggunakan random sampling . S impulan yang diperoleh dar i hasil penelitian ini adala h: berdasarkan has il analisis korelasi dengan menggunakan Product Moment ( r xy ) diperoleh nilai korelasi sebesar 0, 960 . Hal ini menunjukkan bahwa antara pengaruh metode Time Token terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Masyariqul Anwar Caring in Labuan P andeglang terdapat pengaruh yang sangat kuat/tinggi. Adapun kontribusi pengaruh metode Time Token terhadap hasil belajar akidah akhlak sebesar 92,16% metode Time token terhadap hasil belajar siswa di MTs Masyariqul Anwar Sedangkan sisanya 7,84% dipengaruhi oleh faktor lain.