Daftar Isi:
  • Di MTsN 2 Labuan Pandeglang Banten , kegiatan membaca Al - Qur’an selalu dilakukan setiap hari mengawali kegiatan belajar mengajar di kelas. Hal ini menjadi rutinitas keseharian dengan tujuan agar siswa mampu membaca Al - Qur’an sesuai dengan kaidah hukum tajwidnya, akan tetapi masih terdapat siswa yang belum mampu membaca Al - Qur’an dengan baik, bahka n biasa - biasa saja selayaknya seorang siswa pada umumnya di sekolah yang tidak menerapkan rutinitas tadarus Al - Qur’an. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapatlah dirumuskan masalahnya sebagai berikut: 1) Bagaimanakah rutinitas tadarus Al - Qur’an dala m meningkatkan kemamp uan siswa membaca Al - Qur’an? 2) Bagaimanakah tingkat kemampuan membaca Al - Qur’an sis wa di MTsN 2 Labuan Pandeglang? 3) Apakah terdapat pengaruh antara rutinitas tadarus Al - Qur’an dengan kemampuan membaca Al - Qur’an siswa di MTsN 2 Labuan Pandeglang? Adapun Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui rutinitas tadarus Al - Qur’an di MTsN 2 Labuan Pandeglang. 2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Al - Qur’an di MTsN 2 Labuan Pandeglang. 3) Untuk mengetahui pengaruh rutini tas tadarus Al - Qur’an terhadap kemampuan membaca Al - Qur ’an di MTsN 2 Karabohong Labuan Pandeglang Banten. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Pandeglang 2 Labuan, dengan jumlah populasi 290 siswa, adapun subjek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini s ebanyak 72 siswa kelas VII A - VII J. . Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpul an data, angket, observasi, tes . A nalisis korelasi menunjukk an bahwa indeks koefisien rxy= 0,21. Hal ini menunjukkan bahwa antara rutinitas tadarus Al - Qur’an (variabel X) dengan kemampuan membaca Al - Qur’an (variabel Y) terdapat korelasi yang rendah.