PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN SHOLAT QASAR MELALUI METODE TUTOR SEBAYA(PTK di Kelas VII MTs Al-Ma’MuniyahTangerang)

Main Author: NURFADILLAH, LIA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/1696/1/Lia%20Nurfadillah.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/1696/
Daftar Isi:
  • Penggunan metode pembelajaran disetiap mata pelajaran sangat penting, karena tidak semua met ode pembelajaran tepat untuk semua penyampaian, waktu kondisi, dan bidang studi. Metode pengajaran adalah cara yang digunakan oleh pendidik dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Metode tutor sebaya yai tu metode yang memberikan bimbingan atau memberikan bantuan terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar atau kurang memahami bahan belajar yang sedang dipelajarinya. Perumusan masalah penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan metode t utor sebaya? (2) bagaimanakah hasil belajar pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan sholat qasar berkaitan dengan tutor sebaya kelas VII MTs Al - Ma’Muniyah Tangerang? (3) apakah dengan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar kelas VII MTs A l - Ma’Muniyah Tangerang. T ujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui metode pembelajaran tutor sebaya. (2) mengetahui hasil belajar belajar mata pelajaran fiqih pokok bahasan sholat qasar berkaita n dengan tutor seba ya. (3) mengetahui peningkatan hasil be lajar dengan menggunakan tutor sebaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Model Spiral dari Kemmis dan Taggert dengan peserta didik 30 siswa dan penelitian melalui 2 siklus. Hasil tahap pra siklus hasil belajar siswa diperoleh denga n nilai hasil belajar rata - rata kelas 64,53% dari 30 siswa 18 siswa belum memenuhi KKM dan 12 siswa yang tuntas dalam hasil belajar, hasil evaluasi siswa pada siklus I nilai hasil belajar rata - rata kelas 69,33% dari 30 siswa 9 siswa belum memenuhi KKM dan 21 siswa yang tuntas sedangkan hasil evaluasi siklus II dengan hasil belajar rata - rata kelas 79,83% dari 30 siswa 3 siswa belum memenuhi KKM dan 27 siswa yang tuntas dan terjadi peningkatan disetiap siklus dan telah memenuhi criteria yang ditentutkan. Ini berarti metode tutor sebaya yang berhasil meningkatkan hasil belajar siswa di Mts Al - Ma’Muniyah - Tangerang.