Daftar Isi:
  • Berkembangnya pasar bebas dan dunia perdagangan secara otomatis akan dihad apkan pada persaingan yang sangat ketat. Selain itu, kondisi pasar ju ga semakin kompleks dan adanya perubahan perilaku konsumen membuat peran pemasaran semakin penting, dimana konsentrasi pemasaran tidak lagi sekedar bagaimana produk atau jasa tersebut sampai kepada apakah produk atau jasa tersebut telah da pat memenuhi permintaan dan kebutuhan nasabah. Menghadapi kondisi demi kian, perusahaan asuransi syari ah dituntut memilih strategi atau pendekatan pemasaran yang efektif . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah B agaimana pengaruh antara dimensi pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah ? dan Seberapa besar pengaruh antara pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui B agaimana pengaruh antara pemasaran r elasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah dan Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah asuransi syariah P enelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan un tuk menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta - fakta, sifat - sifat populasi secara sistematis, factual dan akurat. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah nasabah PT Asuransi Takaful Keluarga, Cikende Serang dengan analisis persamaan linier sederhana Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji t - statistik adalah Variabel dimensi pemasaran relasional memiliki nilai t - statistik sebesar 4.438 yang nilainya lebih besar dari t - tabel sebesar 2.011 . Dapat disimpulkan bahwa variabel dimensi pemasaran relasional berpengaruh signifikan terhadap k epuasan nasabah . Nilai koefisien determinasi ( R 2 ) adalah sebesar 0.291 , menyatakan bahwa pengaruh variabel bebas terha dap variabel terikat sebesar 29.1 % yang artinya dimensi pemasaran relasional mempunyai pengar uh sebesar 29.1 % terhadap perubahan kepuasan konsumen.